MASIGNCLEAN102

Apa Itu Stuttering dalam Game? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Assalamualaikum, saat bermain suatu game tentu kita sangat menginginkan Frame Rate yang stabil dan tinggi.Karena dengan FPS yang tinggi dapat mendukung kelancaran bermain game sebaliknya jika FPS bisa dikatakan minim tentu malah membuat jengkel.Tapi jangan salah, dengan FPS tinggi bukan berarti tidak ada gangguan / hambatan saat bermain.Salah satu gangguannya adalah Stuttering.Apa itu Stuttering?

Stuttering adalah kondisi dimana terjadi delay pada frame menyebabkan terkesan freeze pada frame rate.Istilah mudahnya ya terjadi FPS drop secara signifikan.Misalnya, ketika anda sedang asyik bermain suatu game dengan FPS rata-rata 60-an tapi di tengah permainan FPS anda jatuh drastis di angka 15-an.Tentunya ini sangat mengganggu saat kita bermain suatu game.

Apa Itu Stuttering dalam Game? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tentunya hal ini tidak semata-mata terjadi begitu saja.Banyak penyebab stuttering saat bermain game.

Penyebab Stuttering


Overheat pada CPU dan GPU

Salah satu penyebab terjadinya stuttering yakni suhu yang berlebihan alias di atas batas wajarnya.Suhu / Temperatur yang wajar menurut saya yakni sekitar 30-an saat idle dan maksimal 65 derajat saat full load.

Overheat ini tentunya berpengaruh drastis pada kinerja komputer kita bahkan bisa menjalar ke komponen-komponen vital yang lain.


HardDisk

Kesehatan HardDisk juga termasuk faktor yang menyebabkan FPS drop secara drastis.Mungkin sebagian besar di-antara user kurang memperhatikan kesehatan harddisk atau bahkan tidak pernah mengeceknya secara langsung.

Untuk mengecek kesehatan HardDisk kita bisa gunakan software seperti HDD Sentinel. Software ini banyak digunakan para user untuk mengecek kesehatan harddisk mereka.Untuk keakuratannya saya sendiri kurang tahu.

Nah, setelah kalian mengecek kesehatan harddisk kalian.Akan tertera persentase kesehatan harddisk kalian.Jika persentase kesehatan hdd kalian dibawah 70% itu berarti harddisk kalian sudah gejala menghadapi BadSector
Dan apabila sudah kurang dari 50% itu tandanya sudah bad sector.


RAM Overload

Ketika menjalankan suatu program / game, tentu aplikasi tersebut turut memakan RAM pada komputer kita.Untuk banyaknya RAM yang digunakan sebuah aplikasi ini tergantung dari aplikasi itu sendiri.Ada yang memang menyedot RAM yang cukup besar seperti Adobe After Effect, Sony Vegas Pro, dan software editing lain.Gamepun sama halnya, untuk game keluaran 2011 keatas umumnya bisa memakan lebih dari 1 GB RAM bahkan lebih dari 2 GB.

Nah, ketika RAM sudah Overload ( Terlalu banyak menampung ) , aplikasi tersebut akan memakan dari berbagai sumber memori seperti PageFile.


VRAM Overload

Sama halnya dengan RAM , stuttering / fps drop juga mungkin saja terjadi karena VRAM yang overload.


Cara Mengatasinya


Mengganti Thermal Paste

Saat suhu CPU / GPU sudah terlalu panas, kalian bisa cek sendiri apakah thermal paste terdahulu sudah mulai kering / bahkan sudah lenyap tanpa jejak.

Jikalau sudah kering sesegera mungkin untuk kalian mengganti thermal paste yang ada dengan thermal paste yang baru dan tentunya yang berkualitas.

Fungsi thermal paste bukan untuk mendinginkan secara langsung suhu procie melainkan untuk meningkatkan tingkat konduktivitas heatsink untuk menyerap suhu panas dari procie.Intinya heatsink dapat bekerja secara maksimal dalam menyerap suhu.


Ganti HardDisk menjadi SSD

SSD ( Solid State Drive ) merupakan salah satu media penyimpanan yang digemari saat ini.Selain bentuknya yang lebih hemat tempat , SSD juga memiliki kecepatan Read/Write yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan HardDisk.

Proses Read/Write ini cukup penting pengaruhnya dalam komputer seperti
  • Booting Windows Cepat
  • Mempercepat Loading suatu game
  • Mempercepat pembacaan resources yang diperlukan dalam game
Jadi, pengaruhnya cukup signifikan dalam meminimalisir FPS drop.


Menggunakan Teknologi V-Sync / G-Sync / FreeSync

V-Sync adalah teknologi untuk membatasi jumlah Frame Rate Per Second dan mensinkronkan dengan Refresh Rate yang dimiliki komputer.

FreeSync adalah teknologi dari AMD untuk mengurangi terjadinya screen tearing pada game tanpa melimitasi frame rate per second.

G-Sync merupakan teknologi dari NVidia untuk mesinkronkan refresh rate dengan render rate GPU.Intinya sama seperti freesync bedanya hanya developer saja.Fungsinya juga sama, yakni untuk mengurangi screen tearing, stutter dan lag pada saat bermain game.

Teknologi - teknologi seperti G-Sync dan Freesync di atas tak lepas dari kekurangan, seperti :
  • Hanya diterapkan pada NVidia / AMD
  • Harga monitor yang lebih mahal
Tapi, kelebihannya tak perlu diperdebat lagi.Selain mengurangi stutter dan lag, teknologi di atas membuat gambar lebih jernih.

Mungkin itu saja tips yang dapat saya berikan pada saat ini.

Sekian terima kasih :),
Wassalamualaikum


Share This :
SakuBolong
avatar

This comment has been removed by a blog administrator.

7 Oktober 2017 07.12