MASIGNCLEAN102

CPU Usage Sampai 100%? Apa Akibatnya?

Assalamualaikum, ketika kita menggunakan PC untuk menunjang aktivitas kita , tanpa kita sadari PC kita juga bekerja keras demi hasil yang memuaskan.Salah satu komponen PC yang paling bekerja keras yakni, Prosesor.Ya, prosesor merupakan otak / inti dari sebuah komputer.Memproses data , penghubung komponen satu dan komponen lainnya merupakan 2 contoh kecil fungsi dari Prosessor.Sebab itu sering kali Prosessor usage bisa menembus angka 90% bahkan bisa sampai 100%.Itu tandanya , prosessor sedang dalam masa Full Load.

Terdapat beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi.Dan mungkin saja kalian tidak sadar , karena penyebabnya ini tidak otomatis bisa dipantau.Untuk memantaunya, paling muidah yakni lewat task manager.

Seperti yang saya sampaikan tadi, banyak sekali penyebab CPU Usage sampai 100%.Salah satunya yakni kegiatan Compress.Ya, saat kita ingin menciutkan ukuran file dan disimpan ke format lain (.rar , .zip ) CPU kita diuji kecepatannya.Karena pada proses compressing data , yang bekerja pure processor.Jadi, semakin besar clock speed suatu prosessor maka semakin cepat pula compressing ini.Ditambah , jumlah core pada prosessor yang semakin banyak maka semakin cepat pula proses compressing.

Lalu, kira kira apa akibatnya jika CPU Usage sampai 100% ?

CPU Usage Sampai 100%? Apa Akibatnya?
CPU Usage 100%

Sebenarnya tidak ada efek yang signifikan dan perlu diingat TIDAK AKAN MERUSAK PROCESSOR.

Suhu Processor

Saat keadaan processor sedang full load, itu artinya prosessor sedang bekerja semaksimal mungkin.Maka dari itu, pasti suhu prosesor juga kian meningkat seiring dengan kerja prosessor.Selama Heatsink Fan kamu masih berjalan dengan baik alias adem seharusnya tidak apa - apa.

Namun, perlu diperhatikan jika suhu prosesor sudah mencapai lebih dari angka maksimal temp dari prosessor tersebut ( bisa dicek di web vendor prosesor masing masing ) maka performa prosesor kian menurun.Bisa dikata umur prosesor tersebut kian pendek.


"Patah - Patah " alias lemot.

Saat CPU Usage menginjak angka 90 - 100% , kadang performa multitasking PC pun juga menurun.

Ibarat kata Rumah , kalo satu rumah sudah berdesak - desakan ditambah satu keluarga lain ya jelas Rumah bisa rusak.

Jadi, sebisa mungkin jika keadaan prosessor full load untuk tidak multitask PC.Seperti membuka program lain dan melakukan aktivitas lain yang juga menyita ruang prosessor untuk bekerja.

Ya, kira kira hanya itulah efek dari CPU Usage 100% , seperti yang kalimat yang saya tebalkan di atas.Selama suhu prosesor terjaga dengan baik , tidak akan merusak prosessor atau kalimat lainnya menurunkan performa prosessor.

Sekian informasi yang dapat saya berikan :),
Wassalamualaikum.


Share This :
SakuBolong