MASIGNCLEAN102

Komputer Nyala Tapi di Monitor Tidak Tampil? Temukan Solusinya Disini

Assalamualaikum, kasus Komputer Nyala Tapi di Monitor Tidak Tampil? Simak Disini ini bukan hal yang langka.Kasus ini sudah sangat sering terjadi, terutama pada orang yang baru merakit PC.Ketika semua part / komponen telah tertancap dengan benar adalah waktu testing dengan menyalakan komputer tersebut.Namun, jika beruntung semua berjalan dengan lancar sampai kalian menginstall OS tapi jika sial pasti ada saja kendalanya.Termasuk pada monitor seperti Out Of Range , Display no input, termasuk tidak tampil.

Sebenarnya banyak kemungkinan pada masalah ini, tapi menurut saya penyebab utama yang sering saya temukan yaitu Komponen Dalam seperti RAM dan VGA.Tapi, jika kedua komponen itu dirasa sudah fix alias tidak ada masalah berarti kemungkinan terdapat pada komponen lain / bahkan monitornya yang rusak?.
Mari kita bahas bersama - sama.

Baca Juga : Dulu Komputer Ngebut Sekarang Jadi Lemot? Cek Disini

Komputer Nyala Tapi di Monitor Tidak Tampil? Temukan Solusinya  Disini

Seperti yang saya sampaikan tadi untuk mengatasi Masalah Komputer Nyala Tapi di Monitor Tidak Tampil? Simak Disini ini pertama-tama yang harus kita cek adalah komponen dalam komputer tersebut.

Memeriksa Komponen Komputer

Random Access Memory (RAM)

Untuk komponen yang satu ini, terhadap beberapa hal yang perlu dicek dalam masalah ini.Yaitu kebersihan RAM dan Kondisi RAM itu sendiri.Apakah terlihat usang? atau Kuningan Tembaga yang terdapat pada RAM tersebut terlihat kotor?.

  • Untuk mengatasinya dapat kita bersihkan menggunakan karet Penghapus. Caranya cukup dengan menggosokkan karet penghapus pada lempengan kuning yang terdapat pada RAM.
Seperti pada gambar di bawah ini :
Komputer Nyala Tapi di Monitor Tidak Tampil? Temukan Solusinya Disini

RAM yang kotor dapat menyebabkan RAM tersebut tidak dapat terdeteksi oleh komputer anda , dan dapat berimbas pula pada masalah grafik.

Tips membersihkan RAM dengan karet penghapus ini sangat direkomendasikan apabila kalian menggunakan RAM single channel / hanya 1 keping.

Namun jika anda menggunakan ram Dual Channel ( dua keping ) kalian bisa mencoba satu satu RAM anda.

  • Pasang terlebih dahulu 1 keping, apabila monitor tetap tidak menampilkan apapun coba lagi keping yang lain.Dan apabila terbukti berhasil dengan hanya menggunakan 1 keping RAM, itu tandanya 1 keping RAM anda bermasalah dan sebaiknya anda segera meminta RMA / Garansi.

Jikalau hasilnya masih nihil, bisa cek ke komponen kedua yaitu Graphic Card.


VGA Eksternal

Apabila kalian menggunakan VGA eksternal, komponen ini bisa jadi salah satu penyebab mengenai masalah ini.Karena seperti yang kita ketahui, untuk masalah grafik dan display yang memegang peran penting ya VGA.

Coba cek VGA kalian apakah sudah tertancap dengan benar? , jika sudah pastikan Fan / Kipas pada VGA berputar sebagaimana mestinya.Dan jika kipas vga tidak berputar sudah dapat dipastikan bahwa VGA lah yang bermasalah dan solusinya ya lem biru.

Note : Jika anda menggunakan VGA dengan Dual Fan, biasanya pada vendor tertentu pada awal atau dalam keadaan idle yang berputar hanya satu fan.Entahlah, apakah ini fitur tambahan atau bukan.Yang jelas, kedua Kipas akan berputar jika keadaan komputer bekerja keras dan VGA tersebut mendeteksi suhu yang berlebih.
Dan Jika solusi di atas belum berhasil, mari simak tips selanjutnya.


Konverter aktif

Coba pakai konverter aktif untuk menghubungkan antara kabel VGA dan graphic card.Jika kamu menggunakan slot HDMI pada graphic card coba gunakan konverter aktif VGA to HDMI aktif ( VGA Female, HDMI Male).
Gambar :
Konverter aktif
             

Port VGA

Pastikan Port / Colokan HDMI/VGA/DVI anda dalam keadaan bersih dan layak untuk digunakan.Periksa pada port apakah terdapat karatan,kotoran dan debu.Masalah ini kadang juga berimbas pada display monitor yang blank.

Solusinya, coba bersihkan port dengan kuas kering dengan menyapu perlahan pada port.Atau kalian juga bisa menggunakan vacuum cleaner mini.


Masalah Lain

Jika anda telah memeriksa komponen dalam ( RAM dan VGA ) dan dapat anda pastikan bahwa kedua komponen tersebut aman sehat sejahtera , tetapi hasilnya nihil.Saatnya kita memeriksa masalah masalah lain yang bisa saja tidak terpikirkan oleh anda.

Kabel VGA

Coba ganti menggunakan Kabel VGA lain yang masih baru atau kalian bisa pinjam kabel VGA temen.Karena kemungkinan besar kabel VGA lama anda yang bermasalah.

Masalah - masalahnya seperti, port kabel VGA anda mengalami korosi / karat.Bisa juga colokan VGA pinnya copot / hilang.


Monitor Rusak?

Jika semua kemungkinan di atas telah dicoba namun hasilnya nihil.Kemungkinan besar ya monitor anda yang minta pensiun.


Akhir Kata

Masalah / kendala seperti di atas memang sering terjadi, terutama pada orang yang baru saja merakit PC.Saran saya, sebelum fix menentukan suatu komponen untuk dibeli alangkah baiknya kita perhatikan beberapa hal yang berguna untuk kedepannya seperti :

  1. Garansi ( Paling penting , semakin lama semakin baik )
  2. Build Quality (Mengenai build Quality ini bisa kita lihat review reviewnya seperti di jagatreview/youtube)
  3. Merek ( Terkesan nyeleweng, tapi sebaiknya memilih brand dengan review dan reputasi yang baik)
Sekian tips yang dapat saya sampaikan :) ,
Terima Kasih.


Share This :
SakuBolong