MASIGNCLEAN102

9 Cara Mengatasi HP Lemot dan Cepat Panas

Assalamualaikum, Android merupakan sebuah sistem operasi opensource yang paling banyak digunakan di perangkat mobile.Tapi, disini kita tidak akan membahas perihal opensource namun kita akan membahas perihal mempercepat android yang lemot.Android lemot? , hmmm rasanya gak aneh lagi.Semakin lama android digunakan, semakin bertambah pula usia hardware / perangkat tersebut.Ibarat kata manusia, sistem android juga semakin ringkih apabila semakin tua.

Tapi, tak semua orang merasa demikian.Bahkan di era serba modern seperti saat ini masih ada yang menggunakan hp hp jadul seperti Nokia 3310 ataupun siemens z35.Tapi, HP jadul kan belum pake android bray.

Banyak sekali penyebab dari HP android yang lelet / lemot, seperti Aplikasi yang terlalu banyak, virus malware , adware, dan jenis virus lainnya, dan juga usia hardware tersebut.
Nah, dari banyaknya faktor kemungkinan penyebab android lemot yang paling banyak terjadi yakni Aplikasi yang terlalu banyak.
Ya, Sebuah aplikasi yang terpasang otomatis membutuhkan ruang sebagai penyimpanannya.Nah, inilah yang membebani system menjadi sangat lemot.

9 Cara Mengatasi HP Lemot dan Cepat Panas


Salah satu penyebab HP lemot yakni suhu HP yang panas.Jika sudah begini, salah satu solusinya ya lembiru.Lempar beli baru.

Kosongkan cache dengan aplikasi khusus

Ada beberapa aplikasi yg sebenarnya tidak agan perlukan setiap hari, tetapi relatif krusial untuk permanen berada pada perangkat agan. Seperti, aplikasi yg agan gunakan buat memesan penerbangan, hotel, & memesan makanan. Agar Android lebih cepat, coba hapus data cache buat aplikasi semacam itu di Setelan buat memastikan mereka nir mengkonsumsi poly ruang waktu tidak digunakan.

Kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi dari playstore seperti 360 clean, security master, ccleaner, dan masih banyak lagi.

Pilih Aplikasi Seperlunya, Sisanya Copot Saja

Ya, seperti yang saya katakan sebelumnya.Salah satu penyebab HP android lemot yakni terlalu banyak aplikasi.Parahnya, hampir sebagian aplikasi yang terinstal tidak pernah digunakan.Jika sudah seperti itu, lebih baik menguninstall aplikasi yang tidak perlu tersebut.

Tips pertama merupakan pilih aplikasi yang memang sahih-benar agan butuhkan, sisanya dari itu anggap saja sampah yg mampu mengotori Adroid agan. Jadi jangan hingga pada smartphone agan terpasang lebih dari satu aplikasi yg mempunyai fungsi sama. Jangan lupa buat menghapus cache pelaksanaan secara rutin, karena itu adalah


Clean Memory System Menggunakan Aplikasi

Jika RAM smartphone kalian sudah penuh efeknya akan berimbas ke menurunnya kinerja smartphone kalian.

Android mempunyai kemampuan manajemen tugas yang sangat baik. Ini bisa menutup proses yg tidak diinginkan menggunakan sendirinya, kapanpun diharapkan Saat ini, hampir setiap launcher mempunyai pilihan buat membebaskan memori sistem. Apabila tidak terdapat, agan wajib  mempertimbangkan buat menginstal beberapa aplikasi pembersihan memori.

Dan di sini aku  tidak berbicara tentang aplikasi yg menjamin menciptakan ponsel Android agan lebih cepat menggunakan menjalankan operasi pembersihan real-time. Dan yang mereka lakukan hanyalah menciptakan perangkat lebih lambat.

Membersihkan RAM smartphone bisa memberi agan performa kinerja instan waktu menutup aneka macam aplikasi yg nir diinginkan yg menangkap memori berharga ponsel Android.


Gunakan versi Aplikasi Lite


Banyak pelaksanaan terkenal seperti Facebook, Twitter, Messenger, Opera pula memiliki versi 'lite' mereka. Aplikasi ringan ini tak jarang dibuat buat smartphone tingkat low-end dan bagi pengguna yang ingin menjaga hal-hal sederhana.

Kalian dapat mendapatkan aplikasi lite ini di playstore maupun 9apps dengan mudah.Contoh aplikasi lite seperti FB lite , twitter lite, dan masih banyak lagi.

Menggunakan versi lite buat pelaksanaan bisa menaikkan kinerja ponsel Android agan. Dan hal itu juga sanggup menghemat konsumsi data internet agan, karena ini merupakan salah  satu alasan mengapa aplikasi tadi dikembangkan.

Kelemahannya yakni, terdapat beberapa fitur yang dipangkas.

Update/Muktahirkan System Android Secara Berkala

Setiap versi Android yg lebih baru hadir menggunakan berbagai peningkatan kinerja. Jadi, rajinlah upgrade perangkat agan jika vendor agan sudah merilisnya merilisnya, karena hal ini bisa meningkatkan kecepatan Android. Sebagai alternatif, agan bisa beralih ke ROM spesifik buat perangkat Android agan bila agan merasa bahwa ROM yg agan pakai waktu ini terlalu berat.

Pemuktahiran/Update ini sangat amatlah berguna pada peningkatan performa andorid kalian.Semakin update semakin meningkat pula kinerja Android.

Jangan Kebanyakan Update aplikasi


Nah, ini mungkin kedengarannya agak tidak biasa. Nah, menjaga supaya smartphone Android agan tetap up to date adalah suatu hal yang hampir disarankan oleh setiap pengguna. Tapi semuanya mempunyai sisi negatif pula. Jika perangkat agan mempunyai kapasitas penyimpanan yg rendah & telah berumur beberapa tahun, upgrade ke versi yg lebih baru akan mengkonsumsi asal daya tambahan.

Penyimpanan yang semakin menipis tentu saja akan membuat kinerja perangkat menjadi lebih berat walaupun mempunyai pelaksanaan yang up to date, lantaran smartphone agan tidak mempunyai ruang untuk menyimpan lebih banyak aplikasi.

Atur pelaksanaan buat mengupdate hanya melalui WiFi


Banyak pelaksanaan yang memperbarui otomatis di latar belakang agar keterangan tetap update setiap waktu atau melakukan hal-hal lain misalnya mengunggah arsip, foto, video. Dengan demikian, menonaktifkan data latar belakang bisa menciptakan perangkat Android lebih cepat karena mengurangi beban kerja. Itu karena aplikasi nir tersambung ke internet & memakai asal daya sistem. Selain itu, mematikan data latar belakang buat jaringan seluler akan membantu agan berhemat kuota internet agan.

Sebagai alternatif, bila agan ingin mencegah Google menyinkronkan perangkat agan, agan dapat menonaktifkan sinkronisasi otomatis di perangkat Android agan. Dan matikan pembaruan otomatis di Google Play dengan mengunjungi Setelan> Aplikasi pembaruan otomatis> Pilih Perbarui pembaruan otomatis hanya melalui WiFi


Pikirkan sebelum menginstal Application


Sudah hampir satu dasa warsa semenjak Android timbul dan jumlah aplikasi buat platform kini   sudah berkembang menjadi jutaan. Tapi dari jumlah aplikasi & game yg tak terhitung jumlahnya, tidak semuanya dibuat sang pengembang dengan niat baik.

Banyak aplikasi Android palsu dan ingin mengendalikan perangkat agan, mencuri data berharga dan mengirimkannya ke server mereka. Google baru saja meluncurkan tool Play Protect untuk memindai aplikasi semacam itu. Secara nir eksklusif, agan dapat membuat perangkat Android agan lebih cepat menggunakan cara ini. Tetapi, agan harus mempelajari keaslian aplikasi yang tidak dikenal sebelum memasangnya, meskipun Agan mengunduhnya berdasarkan Play Store.

Root Sistem Android agan


Apakah rooting perangkat Android akan menciptakan Android agan lebih cepat? Tidak. Itu lantaran rooting tidak berpengaruh pada  peningkatan kinerja yang siginifikan. Pada kenyataannya, apa yg agan lakukan selesainya melakukan rooting Android agan mungkin menciptakan perangkat lebih cepat, atau bahkan malah lebih buruk lagi, mungkin akan lebih lambat apabila agan melakukan hal-hal dengan cara yang keliru.

Kebanyakan orang root perangkat mereka buat menghapus bloatware - aplikasi pra-instal di telepon - yang satu tidak dapat menghapus secara pribadi. Agan bahkan sanggup mencoba beberapa custom ROM. Apabila Agan ingat, CyanogenMod merupakan salah  satu ROM yg populer dengan keturunannya saat ini atas nama LineageOS. Ada ROM populer lainnya yg mungkin mempunyai keunggulan pada ROM saham dalam perangkat Agan.

Yang bisa agan lakukan selesainya melakukan rooting merupakan bisa mengoprek Android agan sesuka hati, menghapus aplikasi bawaan yg umumnya tidak mampu dihapus apabila tanpa root. Agan pula mampu menginstal aplikasi utility yg mampu menginkatkan kecepatan Android agan misalnya Greenify dan sejenisnya. Perlu dicatat bahwa pelaksanaan tersebut membutuhkan akses root buat bisa bekerja.

Nah itu tadi kira-kira tips terbaru untuk meningkatkan kinerja android supaya menjadi cepat lagi.
Dari semua tips di atas, mana yang paling berpengaruh bagi kalian?.

Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum.


Share This :
SakuBolong