MASIGNCLEAN102

10+ Penyebab Printer Error Beserta Cara Mengatasinya

Assalamualaikum, printer merupakan salah satu perangkat keras dalam komputer.Printer berfungsi untuk mencetak/printing data yang terdapat dalam komputer ke dalam bentuk cetakan seperti kertas dan lain-lain.Nah, fungsionalitas printer ini kadang kala suka sekali mengalami gangguan / rusak.Terdapat beberapa alasan mengenai hal itu.Baik itu print jenis matrix , print inkjet ,dan juga laser jet.

Ya, seperti yang kita tahu, yang namanya barang elektronik pasti ada masa dimana dia bandel alias rewel.Saya kira hal yang seperti itu wajar apabila usia barang elektronik tersebut sudah dapat dikatakan tua.Tapi, bisa dibilang ga wajar apabila printer kalian masih terbilang baru.

Sebagai langkah awal, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian benar benar telah menancapkan USB connector printer tersebut ke komputer ya sobat.Mungkin terdengar sepele, tapi kadang kala ada saja kasus yang seperti ini.Seperti printer epson saya dulu yang mendadak mati tanpa sebab.

10+ Penyebab Printer Error Beserta Cara Mengatasinya


Lalu, apa saja sih kira kira penyebab printer rusak / error tersebut?

Penyebab Printer Error / Rusak Mendadak


Belum dinyalain?


apabila personal komputer  ataupun printer anda macet waktu melakukan proses mencetak, langkah pertama yg wajib  di cek merupakan pastikan printer anda pada keadaan menyala (on). Apabila printer yg anda pakai dalam keadaan tewas tentunya tidak dapat mencetak dokumen. Lakukan pengecekan kabel menurut stop hubungan menuju printer pastikaan pada keadaan normal. Karena sebagain masalah menurut macetnya printer pada sebabkan printer mangkat  karenakabel berdasarkan stop hubungan bermasalah.

Koneksi Printer


Penyebab terputusnya koneksi menurut printer menuju personal komputer  adalah kabel USB yg menyambungkan kedua buah perangkat tersebut bermasalah. Periksa kabel USB  yg menghubungkan printer ke printer apakah kabel data tersebut dalam kedaan baik. Cek pula pemasangan kabel USB tadi apakah telah sahih. Selain itu anda pula mampu mengecek apakah printer anda telah tersambung ke personal komputer  yang anda pakai dalam menu Device anda Printers, pada sajian tadi pastikan terdapat brand printer anda & terdapat  pertanda centang.

Coba cek Driver nya


Jika driver dalam pc anda bermasalah maka pengiriman data berdasarkan komputer ke printer anda akan bermasalah bahkan terputusnya koneksi printer. Pastikan Bahwa Komputer yg anda gunkan untuk mencetak Sudah terinstal & terpasang driver printer.  Apabila pc anda belum terinstal driver printer, segera install driver tadi. Lantaran proses penginsatalnya cukup mudah, setelah anda terselesaikan menginstal lakukan konfigurasi di menu Devices and Printers.


Catridge Tidak Terpasang Dengan Benar


Pastikan catridge anda terpasang dengan benar pasalnya apabila catridge terpasang miring atau nir pas printer anda akan macet bahkan nir bisa bekerja. Untuk mengatasinya anda dapat membuka & memasang ulang catridge. Dan cek apakah catrdge yang baru anda pasang sudah terpasang dengan benar.

Catridge Kotor


Catridge yang kotor akan menciptakan output cetakan anda bergaris dan putus putus. Untuk cara mengatasinya anda dapat mencoba head cleaning, tinggal anda buka aplikasi tadi & klik head cleaning lakukanlah klik 2 hingga 3 kali. Kemudian lakukanlah mencetak dan bagaimana hasilnya bila output cetaklan tadi permanen anda perlu memberishkan secara manual. Caranya lepaskan catridge menurut printer lalu bersihkan head catridge menggunakan tisu higienis.

Gak ada Tinta?


Jika tinta dalam printer anda kemarau maka lubang penyemprotan dalam head catridge akan tersumbat. Apabila hal tersebut hingga terjadi maka printer anda macet dan gagal buat mencetak dokumen.  Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan pelaksanaan deep cleaning, atau anda dapat memperbaikinya secara manual dengan cara lepaskan catridge berdasarkan pada printer, lalu celupkan pada mangokok yg telah terisi air hangat  lalu goyangkan catridge hinga tintanya mencair. Lakukan hal tersebut beberapa kali & anda harus membarui air yg baru, namun anda harus menjaga chip catridge tadi izin tidak terkena air, apabila chip tersebut terkena air maka chip tersebut akan berkarat dan tidak dapat digunakan kembali. Setelah catridge pada celupakan beberapa kali selanjutnya angkat & keringkan memakai kain halus ataupun tisu.  Pastikan catridge sahih benar cering sebelum memasangnya.

Tinta Habis


Pastikan tinta pada printer anda terdapat lantaran printer anda kan permanen berjalan meskipun tintanya habis namun tidak terdapat coretan dalam hasil cetakan anda (tidak ada output).  Rutinlah mengecek residu tinta pada printer anda, anda dapat melihat residu tinta anda secara pribadi apabila printer anda menggunakan infuse namun apabila printer anda nir pada modif infuse anda bisa mengeceknya menggunakan menggunakan membuka head catridge, jika head catridge kemarau tinta printer anda habis. Sebaiknya lakukan pengisian tinta printer sebelum tinta habis, minimal tersisa 20 % agar catridge anda awet, dan pastikan anda membarui jenis tinta sama seperti sebelumnya.

Printer Melampaui Batas Percetakan (macet)


Setiap printer memiliki batasan jumlah mencetak dokumen, batasan tersebut di tentukan sendiri sang pembuat printer dengan berbagai alasan. Jika anda mencetak sampai melampaui batasan yang pada tentukan, printer akan macet & tidak mau mencetak lagi. Untuk mengatasi hal seperti ini anda harus mereset printer memakai aplikasi resetter yg bisa anda unduh melalui internet.

Paper Jam


Paper Jam adalah masalah yg umum pada printer macet. Paper jam sendiri di sebabkan benda asing yg menyangkut dalam printer. Untuk mengatasinya, pertama lepaskan semua kabel yang menancap ke printer lalu buka casing atau penutup atas printer lalu buka pemisah kertas pada pada printer. Tarik kertas dari pada printer secara pelan pelan hingga seluruh bagaian kertas keluar. Selanjutnya kembalikan lagi pemisah kertas seperti posisi awal, & tutup lagi penutup printer. Tersangkutnya kertas tadi umumnya pula mampu pada sebabkan kertas kriting atau menempel menggunakan kertas lain.

Roll Printer Rusak


Penyebab terakhir printer macet merupakan roll atau roda penarik rusak., apabila roll tersebut rusak maka printer anda nir dapat mencetak. Penyebab dari roll rsak tersebut bisanya terdapat gangguan pada putaran roll tersebut. Untuk mengatasi masalah terakhir ini anda perlu mempelajari keadaan roll dalam printer terlebih dahulu. Caranya buka cover printer lalu cek jalur keluarnya kertas pastikan tidak ada benda asing, perhatikan jua dalam bagian roll apakah ada bagaian yang rusak seperti pengaitnya patah & semacamnya. Apabila roll printer anda sahih benar rusak anda perlu merubahnya dengan rol yg baru.

Overload Kertas


Sebuah  printer pasti mempunyai batasan wadah kertas pada dalamnya, apabila sampi anda memberikan printer kertas terlalu banyak & melampaui batas maka roll printer akan kesulitan menarik kertas lantaran kertas terlalu poly & padat. Biasanya kertas yang anda pakai terlalu tebal pun jua mejadi penyebab roll nir bisa menarik kertas. Hal tadi lantaran kekuatan roll yg terbatas ataupun space kertas yg kurang. Jika anda nir menginginkan hal itu terjadi anda bisa mengunakan kertas yang tipis untuk mencetak dan nir memasukan kertas menggunakan porsi yg banyak pada printer.


Nah, kira-kira itu tadi beberapa penyebab printer kita sering macet / error tiba-tiba.Untuk mencegah printer error sebaiknya sesering mungkin melakukan pembersihan / pengecekan ke printer kita.Karena awal yang baik akan selalu berbuah sesuatu yang baik juga.

Dengan adanya artikel ini, saya harap dapat membantu kalian yang tengah mengalami musibah ini.
Sekian terima kasih :)
Wassalamualaikum.


Share This :
SakuBolong