MASIGNCLEAN102

Cara Meningkatkan Performa Intel HD Graphics

Assalamualaikum, VGA merupakan salah satu komponen dalam komputer. VGA sendiri bermacam macam jenisnya seperti VGA eksternal,VGA Onboard, dan yang lagi naik daun yaitu VGA eksternal untuk laptop.Tapi yang akan kita bahas yaitu cara meningkatkan performa dari Intel HD Graphics yang merupakan IGP dari processor yang kita pakai ( intel ).

Intel HD Graphics Family sendiri banyak macamnya dari mulai Intel HD Graphics, Intel HD Graphics 2000,Intel HD Graphics 2500,Intel HD Graphics 3000.Jenis VGA onboard yang kita punya tergantung dari seri processor intel kita. Dari semua jenis tersebut hanya berbeda pada jumlah VRAM yang ada pada masing masing jenis IGP.Ada yang hanya mentok 512 MB ada juga yang sampai 1024 MB, cukup lah buat main GTA 5 rata kiri hehe.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jumlah VRAM yang Kita Miliki

Nah, Intel HD Graphics tidak bisa kita samakan performanya dengan VGA eksternal pasti ada perbedaan yang sangat signifikan.Entah itu jumlah cuda cores, kelancaran bermain game, dan jumlah FPS yang kita dapatkan.Dan tentunya VGA eksternal lah yang pasti menang jika kita bandingkan dengan IGP Intel.

Masalahnya, tidak semua Komputer dan laptop itu mempunyai VGA eksternal dan masih setia menggunakan IGP dari intel ini. Bisa jadi masalah kantong yang belum sanggup membeli VGA eksternal tersebut :(
( curhat ) . Dari sekian banyak orang yang menggunakan IGP Intel ini, pasti banyak juga orang yang menggunakan IGP Intel ini untuk keperluan gaming.Walau terkesan 'maksa' tapi mau gimana lagi kan? hehe.

Untuk mendapatkan FPS dan gaming experience yang memuaskan dibutuhkan juga komponen yang mumpuni. Tidak harus dengan upgrade PC melainkan juga bisa pengoptimalan kecil pada hardware kita seperti mengoptimalkan kinerja prosesor, rajin bersih bersih PC, dan meningkatkan performa IGP kita.

Sudah cukup basa basinya, berikut cara mudah untuk meningkatkan performa intel hd graphics kita.


Memaksimalkan Performance dengan Mengubah 3D Preference

Sangat mudah,
Pertama tama klik kanan pada desktop lalu pilih Graphics Properties

Akan muncul tampilan seperti dibawah

Lalu, masuk ke tab 3D, tarik tombol ke arah Performance. Lihat gambar dibawah
Terakhir, Apply.
Dengan menerapkan hal di-atas, VGA onboard kita akan lebih mementingkan performa dibandingkan kualitas. Jadi, cara diatas cukup bermanfaat untuk meningkatkan FPS kita.


Cara ke-2, Menambah Shared Memory Lewat BIOS.

Untuk cara yang ke-2 ini, gampang gampang susah karena kita harus masuk ke BIOS untuk melakukannya.

Baca Juga : Cara Mempercepat Windows 10 Lewat Registry

Pengertian singkat, Shared Memory adalah bagian dari Random Access Memory (RAM) yang ada pada komputer kita untuk diambil sebagai memory penyimpanan sementara cache cache gambar. Seperti itulah kira kira deskripsi singkatnya mengenai shared memory. Contohnya seperti dibawah, misalnya RAM kita 4GB lalu kita alokasikan 256MB untuk shared memory.Hasilnya, 3,71 GB usable.

Kenapa saya bilang susah?, karena tampilan BiOS pada setiap motherboard itu berbeda.

Saya sendiri menggunakan motherboard gigabyte.Dengan BIOS Gigabyte - UEFI DualBIOS. Jadi, bagi kalian yang menggunakan motherboard gigabyte kira-kira seperti ini langkahnya.
  1. Masuk ke BIOS ( Menekan tombol DEL pada keyboard sebelum tampilan windows )
  2. Masuk ke tab peripherals
  3. Ubah "Internal Graphics Memory Size" sesuai selera. 
  4. Save and Exit
  5. Restart Komputer. TARAAA!!. Shared Memory bertambah. Bagaimana cara ceknya?. Cek disini
Perlu DiIngat!!, 
  1. Shared Memory berasal dari RAM kita. Jadi, apabila RAM kalian hanya sebesar 2GB. Saya sarankan untuk tidak menggunakan lebih dari 512 MB
  2. Batas memory yang dapat dialokasikan hanya sebesar 1024MB
Jika kalian telah menerapkan segala tutorial diatas, semoga performa gaming kalian bertambah dan tentunya FPS kalian bertambah.

Selamat Mencoba,
Wassalamualaikum.

Loading...

Share This :
SakuBolong